PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sartika Dewi Sari Hutabarat Universitas Negeri Medan
  • Yuni Artha Manik Universitas Negeri Medan
  • Yohannes Kurniawan Barus Universitas Negeri Malang

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Budaya Proyek Lokal, Kreativitas Seni, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran proyek berbasis budaya lokal terhadap pengembangan kreativitas seni siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka untuk mencari, menilai, dan menyimpulkan informasi yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran proyek berbasis budaya lokal terhadap pengembangan kreativitas seni siswa sekolah dasar, pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa, khususnya dalam konteks seni. Melalui keterlibatan aktif dalam proyek seni yang berfokus pada budaya lokal, siswa tidak hanya belajar keterampilan teknis dalam berkarya, tetapi juga mengembangkan empat aspek utama kreativitas: orisinalitas, fleksibilitas, elaborasi, dan kelancaran berpikir .Oleh karena itu,  pendidik didorong untuk menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya lokal untuk menumbuhkan kreativitas dan partisipasi siswa.

This study aims to examine the effect of implementing a local culture-based project learning model on the development of elementary school students' artistic creativity. The method used is the literature study method to search, assess, and summarize previously published information. Based on the results of the research on the effect of implementing a local culture-based project learning model on the development of elementary school students' artistic creativity, this approach is effective in enhancing students' creativity, especially in the context of art. Through active engagement in local culture-focused art projects, students not only learn technical skills in creating art, but also develop the four main aspects of creativity: originality, flexibility, elaboration, and fluency of thought. Therefore, educators are encouraged to apply learning models that are relevant to the local cultural context to foster student creativity and participation.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31