Analisis Kesalahan Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kutalimbaru dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Trigonometri

Penulis

  • Tiur Malasari Siregar Universitas Negeri Medan
  • Abimanyu Pembayun Universitas Negeri Medan
  • Anesta Fherbina Barus Universitas Negeri Medan
  • Rizki Aulia Rahma Siregar Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

analisis kesalahan, soal materi trigonometri

Abstrak

ABSTRAK
Matematika memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal
matematika, khususnya pada materi trigonometri. Kurangnya penerapan kemampuan
berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika menjadi kendala. Penelitian ini
bertujuan menganalisis jenis kesalahan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kutalimbaru dalam
menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sebanyak 18 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kutalimbaru dijadikan
sampel, dengan menggunakan tiga soal uraian sebagai instrumen penelitian. Kesalahan
siswa dianalisis dengan mengidentifikasi jenis kesalahan meliputi kesalahan
konsep/definisi, teorema/dalil/sifat, perhitungan, dan pemahaman soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan yang signifikan dalam menyelesaikan soal
trigonometri. Jenis kesalahan meliputi kesalahan konsep/definisi (51,8%),
teorema/dalil/sifat (53,7%), perhitungan (85%), dan pemahaman soal (53,7%). Kesalahan
perhitungan menonjol sebagai kategori kesalahan paling tinggi.

ABSTRACT
Mathematics has an important role in the development of science and technology.
However, many students have difficulty in understanding and solving math problems,
especially in trigonometry. The lack of application of higher-order thinking skills in
mathematics learning is an obstacle. This study aims to analyze the types of errors of grade
XII students of SMK Negeri 1 Kutalimbaru in solving trigonometric problems. This
research uses a descriptive method with a quantitative approach. A total of 18 class XII
students of SMK Negeri 1 Kutalimbaru were sampled, using three description questions as
research instruments. Student errors are analyzed by identifying types of errors including
concepts/definitions, theorems/postulates/properties, calculations, and problem
understanding. The results showed that students experienced significant errors in solving
trigonometric problems. Types of errors include misconceptions/definitions (51.8%),
theorems/postulates/properties (53.7%), calculations (85%), and problem understanding
(53.7%). Miscalculation stands out as the highest error category.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31