PERAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Uswatun Hasanah Universitas Hamzanwadi
  • Donna Boedi Maritasari Universitas Hamzanwadi
  • M.Syahruddin Amin Universitas Hamzanwadi
  • Eli Hasmianti Universitas Hamzanwadi
  • Royani Afifah Chairunnisa Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Media pembelajaran, permainan ular tangga, minat belajar

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, siswa membutuhkan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga membuat siswa berminat dalam belajar. Agar proses pembelajaran tidak bosan perlu adanya suatu media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media pembelajaran ular tangga dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDI Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang terdiri dari empat tahapan merumuskan masalah, memilih data, memilih teknik pengumpulan data dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa SDI Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng kelas III berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada penilitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan skala Likert untuk hasil angket respon siswa. Hasil respon angket siswa dengan persentase sebanyak 62,7%. Setelah media permainan ular tangga diterapkan, respon angket siswa meningkat dengan persentase 87,9%. Dari sini dapat disimpulkan peran media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

In the learning process, students need a fun learning process so that it makes students interested in learning. So that the learning process does not get bored, media is needed. This research aims to determine the role of snakes and ladders learning media in increasing the learning interest of class III students at SDI Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng. The research method used is descriptive qualitative which consists of four stages of formulating the problem, selecting data, selecting data collection techniques, conclusions. The subjects of this assessment were 10 students of SDI Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng class III. The data collection techniques in this research are interviews, observation and documentation. The data research instrument is a questionnaire. The data analysis technique used is Likert scale calculation for student response questionnaire results. The results of the student questionnaire response were 62.7%. After the snakes and ladders game media was implemented, student questionnaire responses increased by a percentage of 87.9%. From this it can be concluded that the role of snakes and ladders learning media can increase students' interest in learning.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20