PEMANFAATAN KELAS VIRTUAL TV SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Sri Daryani Universitas Panca Sakti
  • Isyfan Rizqi Wahyunanda Universitas Panca Sakti
  • Eni Nuraeni Universitas Panca Sakti
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti

Kata Kunci:

Komunikasi, Anak Usia Dini, Kelas Virtual, TV Sekolah, Communication, Early Childhood, Virtual Class, School TV

Abstrak

Kemampuan komunikasi pada anak usia dini merupakan hal penting yang harus dibangun. Karena kemampuan ini akan berpengaruh pada sosial emosi anak. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu perkembangan anak dalam domain berpikir yaitu perkembangan bahasa. Pengaruh dunia digital menjadi salah satu penghambat perkembangan bahasa pada anak, jika tidak dilakukan dengan sistematik dan terarah. Apalagi jika anak dibiarkan tanpa pendampingan dari orang dewasa dan juga media yang ditonton menampilkan materi yang tidak sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Namun, saat ini sudah hadir kelas virtual tv sekolah yang digagas oleh ibu Sri Watini, yang bisa diakses oleh guru, anak dan orang tua sehingga anak bisa mendapat pendampingan dalam penggunaan layar digital dan memuat materi yang bisa membangun setiap tahap perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kelas virtual TV sekolah bisa meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak. Dengan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan guru dari berbagai lembaga sekolah sebagai informan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelas Vistual TV Sekolah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini dengan adanya peran aktif dari orang tua sebagai pendamping, guru sebagai operator dan adanya materi yang disampaikan melalui video serta adanya komunikasi dua arah antara guru dan anak.

Communication skills in early childhood are an important thing that must be built. Because this ability will affect the child's social emotions. Communication skills are one of the child's developments in the domain of thinking, namely language development. The influence of the digital world is an obstacle to language development in children, if it is not done systematically and purposefully. Especially if children are left without assistance from adults and the media they watch displays material that is not appropriate to the child's growth and development stage. However, now there is a virtual school TV class initiated by Mrs. Sri Watini, which can be accessed by teachers, children and parents so that children can receive assistance in using digital screens and contains material that can develop at every stage of a child's development. This research was conducted to find out whether virtual school TV classes can improve children's communication skills. With descriptive qualitative methods. Researchers used teachers from various school institutions as informants, while data collection techniques were carried out through interviews and documentation. From the results of this research, it was found that the School Visual TV class can improve the communication skills of early childhood with the active role of parents as companions, teachers as operators and the material delivered via video as well as two-way communication between teachers and children.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20