PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STP DON BOSCO TOMOHON

Penulis

  • Veronica Kapoh STP Don Bosco Tomohon
  • Ansyela Kaunang STP Don Bosco Tomohon
  • Veronika Yuliani STP Don Bosco Tomohon
  • Petra Rompas STP Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka Belajar, Berpikir Kritis, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran terhadap berpikir kritis mahasiswa di STP Don Bosco Tomohon. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 55 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah populasi sebesar 64 mahasiswa dengan menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kurikulum merdeka terhadap cara berpikir mahasiswa di STP Don Bosco Tomohon. Nilai signifikansinya sebesar 0,000 dan pengaruhnya sebesar 69.2%.

This research aims to determine the effect of implementing the independent learning curriculum in learning on students' critical thinking at STP Don Bosco Tomohon. In this research, the method used by researchers is quantitative research with a sample size of 55 students obtained using the Slovin formula with a population of 64 students using a questionnaire as a research instrument. Hypothesis testing uses simple regression analysis. After conducting research, the results obtained were that there was a positive and significant influence of the independent curriculum on the way of thinking of students at STP Don Bosco Tomohon. The significance value is 0.000 and the influence is 69.2%

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31