PENGARUH KOMBINASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DAN PhET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO
Kata Kunci:
Inquiry Based Learning, Phet Simulation, Pemecahan Masalah, Model EkspositoriAbstrak
Jurnal ini meneliti pengaruh kombinasi metode pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan. Dua kelompok berpartisipasi dalam penelitian eksperimen semu ini: kelompok eksperimen yang menggunakan Simulasi PhET dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri, dan kelompok kontrol adalah yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Sedangkan dalam penelitian ini, 20 responden dipilih dengan menggunakan metode random sampling sebagai sampel. Siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki keterampilan pemecahan masalah yang berbeda secara signifikan, menurut temuan penelitian. Siswa pada kelompok eksperimen mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan siswa pada kelompok kontrol. dengan keuntungan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih baik bagi siswa yang terdaftar pada pendidikan teknik elektro.Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi metode pembelajaran Inquiry Based Learning dan PhET Simulation efektif serta memiliki hasil yang berbeda yang didapatkan bahwa kelas eksperimen memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan.