PENGARUH KOMBINASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DAN PhET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO

Penulis

  • Sukarman Purba Universitas Negeri Medan
  • Yosafat Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Latifah Syahbani Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Nur Ifni Nasution Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Inquiry Based Learning, Phet Simulation, Pemecahan Masalah, Model Ekspositori

Abstrak

Jurnal ini meneliti pengaruh kombinasi metode pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan. Dua kelompok berpartisipasi dalam penelitian eksperimen semu ini: kelompok eksperimen yang menggunakan Simulasi PhET dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri, dan kelompok kontrol adalah yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Sedangkan dalam penelitian ini, 20 responden dipilih dengan menggunakan metode random sampling sebagai sampel. Siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki keterampilan pemecahan masalah yang berbeda secara signifikan, menurut temuan penelitian. Siswa pada kelompok eksperimen mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan siswa pada kelompok kontrol. dengan keuntungan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih baik bagi siswa yang terdaftar pada pendidikan teknik elektro.Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi metode pembelajaran Inquiry Based Learning dan PhET Simulation efektif serta memiliki hasil yang berbeda yang didapatkan bahwa kelas eksperimen memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30