LANDASAN HISTORIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI

Penulis

  • Rahma Yanti Universitas Islam Negri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Ersyad Anshari Universitas Islam Negri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Dafirsam Universitas Islam Negri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Universitas Islam Negri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Kuriulum, Landasan Historis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran reformasi kurikulum pendidikan pada masa reformasi hingga kurikulum pendidikan saat sekarang ini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan pra abad-20 ditandai dengan adanya era renaisan dan reformasi. Pendidikan menjelang abad ke-20 ditandai dengan munculnya nasionalisme sebagai cara mempertahankan nasionalisme itu. Artinya muncul perhatian yang besar pada warga umum yang diikuti keinginan besar pula untuk menciptakan keadilan dan persamaan pendidikan untuk semua anak sedangkan di Indonesia, Pada abad ke-18 pendidikan dan pengajaran diberikan secara perseorangan. Di Indonesia terdapat gerakan pembaruan atau reformasi pada abad ke-20 mempunyai pola, yakni reformasi yang cenderung pada peradaban barat, pada basis islam murni yaitu berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30