“IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI FUNGSI KUADRAT”

Penulis

  • Aqmi Shafarida Sinambela Universitas Asahan
  • David Ricardo Manihuruk Universitas Asahan
  • Dea Ayu Anggreani Universitas Asahan
  • Mariana SMAN 1 Kisaran
  • Syahriani Sirait Universitas Asahan

Kata Kunci:

Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Kemampuan komunikasi matematis, Fungsi kuadrat, SMA Negeri 1 Kisaran

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA Negeri 1 Kisaran pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dari kategori rendah menjadi tinggi. Peningkatan ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang meningkat dari 52,50 pada siklus I menjadi 87,50 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA Negeri 1 Kisaran pada materi fungsi kuadrat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30