MEMBENTUK KARAKTER SISWA: INTEGRASI BUDAYA SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ( OBSERVASI DI SDIT AL-ICHLASH )

Penulis

  • Febrianti Puspita Dewi Universitas Pelita Bangsa
  • Rifa Naila Meiliani Manoppo Kenju Universitas Pelita Bangsa
  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Karakter, Budaya Sekolah

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan penting dalam pengembangan karakter seseorang. Pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai kehidupan dikembangkan lewat berbagai saluran pendidikan, tidak hanya melalui proses pembelajaran formal. Salah satu wujud pengembangan karakter adalah melalui budaya sekolah. Siswa sebagai warganegara harus dikembangkan karakternya. Budaya sekolah dapat diartikan sebagai program kegiatan sekolah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada siswa maupun anggota sekolah lainnya. Rumusan penelitian ini adalah “bagaimana pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah?”, dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al-ichlash . Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif. Teknik penelitian yangdilakukan adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa budaya sekolah yang dilakukan di SDIT Al-Ichlash ini meliputi budaya harian, budaya mingguan, dan budaya tahunan. Karakter yang dikembangkan adalah karakter disiplin, religius, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan peduli sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31