PENTINGNYA PEMBELAJARAN TERPADU DI SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
pembelajaran terpadu, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, sekolah dasar, observasi kelas, integrated learning, critical thinking skills, learning outcomes, elementary school, classroom observationAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati seberapa efektif pembelajaran terpadu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar mereka di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, observasi langsung dilakukan di kelas yang menggunakan model pembelajaran terpadu. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa kelas satu di sekolah yang dituju. Sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan ditingkatkan dengan pembelajaran terpadu. Ini terbukti dengan peningkatan skor siswa pada tes hasil belajar dan peningkatan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Menurut pendidik, siswa lebih antusias dan termotivasi untuk mengikuti kelas. Menurut penelitian ini, pembelajaran terpadu dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Ini terutama berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keterampilan belajar siswa.
ABSTRACT
The aim of this research is to observe how effective integrated learning is in improving students' critical thinking skills and their learning outcomes in elementary school. In this research, direct observations were carried out in classes that used an integrated learning model. The research sample consisted of 42 first grade students at the target school. Before and after implementing integrated learning. The results showed that students' critical thinking skills were significantly improved by integrated learning. This is proven by increasing student scores on learning outcomes tests and increasing student active participation during the learning process. According to educators, students are more enthusiastic and motivated to take part in classes. According to this research, integrated learning can be an effective alternative for improving the quality of education in elementary schools. This is mainly concerned with improving student learning outcomes and improving student learning skills.