PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATEMATIKA SMP MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL
Kata Kunci:
Proses Berpikir Kreatif, Microsoft Excel, Kemampuan Berpikir KreatifAbstrak
Permasalahan di era global menuntut masyarakat untuk mampu memecahkan permasalahan secara kreatif dengan menggunakan teknologi dan sistem pendidikan perlu menghasilkan problem solver yang kreatif dan berusaha memahami tantangan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan etnomatematika berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan mata pelajaran diawali dengan pemberian soal segi empat kepada 25 siswa SMP dengan tujuan untuk mengelompokkan 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, tinggi, sedang dan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan soal berbentuk persegi panjang berbentuk presentasi yang terdiri dari 3 soal. Analisis data menggunakan 3 metode yaitu menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif menurut indikator, reduksi data, dan menarik kesimpulan dari wawancara. Hasil penelitian ini terlihat pada tahapan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah statistika dengan bantuan Microsoft Excel yang terdiri dari tahap empat yaitu mensintesis ide, membangun ide, merencanakan implementasi ide, dan mengimplementasikan ide.
Problems in the global era require society to be able to solve problems in creative ways using technology and the education system needs to produce problem solvers who are creative and try to understand everyday challenges. This research aims to determine the creative thinking process in solving ethnomathematics problems based on the level of creative thinking ability. This research uses a qualitative research approach with descriptive research type. Subject selection began by giving quadrilateral questions to 25 junior high school students with the aim of grouping 3 students based on the level of students' creative thinking abilities, high, medium and low levels of students' creative thinking abilities. The data collection technique used in this research was a rectangular question solving test in the form of a presentation consisting of 3 questions. Data analysis uses 3 methods, namely analyzing the level of creative thinking ability according to indicators, data reduction, and drawing conclusions from interviews. The results of this research can be seen in the stages of students' creative thinking in solving statistical problems with the help of Microsoft Excel, which consists of stage four, namely synthesizing ideas, building ideas, planning idea implementation, and implementing ideas.