MENINGKATKAN PEMAHAMAN PECAHAN MELALUI MEDIA KONKRET DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Catherine Elisabeth Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Nasyitha Andani Putri Universitas Negeri Medan
  • Nazhila Eidewis Hudinta Universitas Negeri Medan
  • Deyrizky Parinduri Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Media, Konkret, anak sekolah dasar

Abstrak

 

Media pembelajaran merupakan alat perantara atau pengantar materi pembelajaran. Media sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya dalam menjelaskan materi yang abstrak bagi siswa sekolah dasar, seperti materi pecahan dalam pembelajaran matematika. Tulisan ini membahas mengenai media konkret pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi pecahan di sekolah dasar guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Melalui metode studi pustaka yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa penggunaan  media pembelajaran konkret seperti papan puzzle pecahan, media kertas lipat, permainan ular tangga dan kartu pecahan dengan desain visual mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman materi pecahan, juga dapat memberikan motivasi belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31