Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Kognitif Peserta Didik Ditinjau dari Strategi Pembelajaran
Kata Kunci:
Perkembangan, Kognitif, StrategiAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis mengenai faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan kognitif peserta didik yang ditekankan pada strategi pembelajaran nya. Melalui metode kajian pustaka, sejumlah literatur yang relevan dan berkaitan dengan faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan kognitif peserta didik dikumpulkan untuk dianalisis mengenai bagaimana strategi pembelajaran dapat berpengaruh terhadap kognitif peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif peserta didik, seperti hereditas, lingkungan, kematangan, pembentukan, minat dan bakat, serta kebebasan termasuk strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran membutuhkan keterampilan yang berkualitas dari pendidik agar dapat menciptakan perkembangan kognitif yang baik sebagai output proses pembelajaran. Pengaruh perkembangan kognitif menjadi penting bagi peserta didik dalam sepanjang hidupnya, dengan penekanan pada peran keterampilan kognitif dalam memecahkan berbagai masalah dalam kehidupannya. Strategi pembelajaran harus dirancang untuk meningkatan kemampuan berpikir sebagai pendekatan yang dapat digunakan dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan kognitif mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting mengenai pemahaman pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan kognitif peserta didik.