KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 KOTA BOGOR DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

(Studi Deskriptif Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bogor)

Penulis

  • Mohammad Aldiansyah Malik Universitas Negeri Jakarta
  • Budiaman Universitas Negeri Jakarta
  • Shahibah Yuliani Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Kreativitas, P5, SMP Negeri 6 Kota Bogor

Abstrak

Menurut data Program for Internasional Student Assessment (PISA) pada tahun 2022 yang menyebutkan Indonesia berada pada urutan 69 dari 81 negara di dunia, Indonesia menjadi negara yang memiliki rata-rata di bawah dari negara-negara diatas yang menyebabkan kualitas pendidikan masih rendah. Maka perlu adanya upaya untuk memperbaiki sistem dan kualitas pendidikan dengan cara yaitu program yang dicanangkan pemerintah, salah satunya kurikulum merdeka yang di dalamnya terdapat program P5 (Profil Pelajar Pancasila). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas peserta didik pada program P5 di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bogor. Melalui metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara serta observasi, peneliti berhasil menemukan data bahwa 60% peserta didik dari sampel yang disebar melalui kuesioner sudah menunjukkan “Kreatif”, 27% “Sangat Kreatif”, dan 13% sudah “Cukup Kreatif”. Dengan data pendukung berupa observasi kegiatan dan wawancara dengan guru serta peserta didik, sudah cukup membuktikan bahwa tingkat kreativitas peserta didik di SMP Negeri 6 Kota Bogor di atas rata-rata karena dengan adanya program P5, peserta didik diberi wadah untuk berkreasi menuangkan ide kreatif mereka untuk membuat sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Namun, disamping hal tersebut dalam pelaksanaannya masih banyak terkendala, karena penerapan P5 di sekolah ini adalah tahun pertama. Maka saran dari peneliti yaitu untuk lebih dipersiapkan dengan matang kegiatan-kegiatannya, penyusunan rundown atau timeline yang sesuai, dan waktu yang efektif juga efisien.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31