PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Citra Kharisma Silitonga Universitas Negeri Medan
  • Siti Haliza Dongoran Universitas Negeri Medan
  • Mutia Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Ardiani Yunika Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Aulia Rensy Tarihoran Universitas Negeri Medan
  • Daniel Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Jigsaw, Sekolah Dasar, Model Pembelajaran Kooperatif

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang dirancang untuk mendorong pembelajaran yang bersifat kooperatif di antara para siswa dengan cara membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Pada model ini, setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas penugasan sesuai dengan bagian-bagaian tertentu. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia di kalangan siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah studi literatur. Dengan melakukan pengumpulan dan analisis data dari sumber-sumber literatur yang mendukung hasil penelitian. di hasil akhir penelitian ini, penulis akan memaparkan hasil analisis yang membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini memiliki potensi penting dalam meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia di kalangan siswa sekolah dasar. Jurnal ini memberikan rekomendasi kepada para praktisi pendidikan untuk mengintegrasikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu strategi pembelajaran yang inovatif di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31