ANALISIS KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DALAM MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA
Kata Kunci:
Bahasa Indonesia, Kesulitan, Mahasiswa, Strategi pembelajaran, lingkungan belajarAbstrak
Pemahaman dan penguasaan bahasa Indonesia merupakan aspek penting dalam pengembangan keterampilan akademik dan sosial mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kesulitan yang dihadapi mahasiswa dari berbagai fakultas dalam memahami dan menggunakan bahasa Indonesia. Berbagai aspek bahasa Indonesia menjadi fokus kajian ini, antara lain sistem ejaan, kosakata, tata bahasa, pengucapan kata, pemahaman ungkapan, peribahasa, idiom, bilangan, dan struktur kalimat. Mahasiswa dari berbagai fakultas baik FMIPA, FT, FBS, FIK, FE, dan FIP di Universitas Negeri Medan turut serta dan menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data melalui Google Forms. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbagai aspek bahasa Indonesia, dan proporsi kesulitannya cukup besar. Implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya perhatian khusus dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu mahasiswa mengatasi kesulitan berbahasa Indonesia, serta mendukung lingkungan belajar yang kondusif. Dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia, mahasiswa dapat memperoleh kepercayaan diri dalam berkomunikasi, berpartisipasi aktif dalam kegiatan akademik dan sosial, serta meningkatkan kualitas kemampuan berbahasanya.