STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Lukman STAIN Bengkalis
  • Sistya Pratiwi STAIN Bengkalis
  • Pebriardi Surya Pamungkas STAIN Bengkalis
  • Armi STAIN Bengkalis

Kata Kunci:

Strategi, Kooperatif, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Pengajaran dan Pembelajaran kontekstual (CTL) adalah suatu pendekatan pendidikan yang disusun untuk membimbing siswa dalam memahami makna materi akademis yang mereka pelajari melalui kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, serta menghubungkannya dengan pengalaman pribadi, perkembangan sosial, dan latar belakang budaya mereka. Pendekatan CTL memberdayakan siswa untuk membangun pengetahuan dalam pikiran mereka daripada menghafal fakta. Selain itu, siswa memperoleh pengetahuan melalui pembelajaran langsung, bukan sekedar menghafal, tidak hanya menerima informasi tetapi membangun konsep. Tujuan sistem ini dicapai dengan menggabungkan delapan komponen utama. Komponen-komponen ini termasuk menciptakan hubungan, mendorong pertumbuhan dan perkembangan individu, berjuang untuk mencapai keunggulan, dan memanfaatkan penilaian otentik. Perkembangan CTL dipupuk melalui studi PAI, dengan fokus pada dampak moral dan emosional yang diperoleh siswa dari pengalaman pribadi mereka dalam lingkungan sehari-hari. Hubungan emosional dan intelektual ini akan memotivasi siswa untuk mempraktikkan pembelajarannya.

Contextual teaching and learning (CTL) is an educational process that aims to facilitate students in finding meaning in the academic material they learn by connecting academic subjects with their daily environment that is connected to personal experience, social progress, and cultural background. The CTL approach empowers students to build knowledge in their minds rather than memorizing facts. In addition, students acquire knowledge through. The goal of this system is achieved by combining eight main components. These components include creating meaningful relationships, doing meaningful work, engaging in self-regulated learning, collaborating with others, and development, striving for excellence, and utilizing authentic judgment. The development of CTL is fostered through the study of PAI, focusing on the moral and emotional impact that is fostered.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31