STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK) DALAM PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Amrina Rosyada STAIN Bengkalis
  • Muhammad Fikri Hidayat STAIN Bengkalis
  • Haidil Adha STAIN Bengkalis

Kata Kunci:

Strategi, Kooperatif, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Permasalahan yang sering ditemui dalam lembaga pendidikan ini terdapat masih banyaknya peserta didik yang sering mengalami kebosanan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pendidik seringkali menggunakan strategi pembelajaran sama pada setiap materi khususnya dalam pembelajaran PAI. Maka penelitian ini bertujuan untuk menawarkan strategi yang bisa digunakan pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang aktif melalui strategi kooperatif dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode library research yang merujuk dari berbagai sumber data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk membaca, menafsirkan dan mencatat semua data yang diperoleh. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kooperatif ini mampu untuk mengatasi kebosanan peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran. Karena strategi ini dapat mendorong peserta didik untuk belajar secara berkelompok dengan saling berkerja sama dan membantu menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh pendidik. Sehingga hal ini dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal.

The problem that is often encountered in educational institutions is that there are still many students who often experience boredom when participating in learning activities. This is because educators often use the same learning strategies in each material, especially in PAI learning. So this research aims to offer strategies that educators can use to create active learning through cooperative strategies in PAI learning. The method used by researchers is the library research method which refers to various data sources using descriptive analysis techniques to read, interpret and record all the data obtained. The research results show that this cooperative strategy is able to overcome students' boredom following learning activities. Because this strategy can encourage students to study in groups by working together and helping to complete the tasks given by the teacher. So this can create active learning and learning objectives can be achieved optimally.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31