PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD PADA MATERI SIKLUS AIR
Kata Kunci:
Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep IPA, Siklus AirAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD pada materi siklus air. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn, dengan bentuk desain non equivalent pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Pengambilan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu VB yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VA sebagai kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t, effect size, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi siklus air; (2) Model Problem Based Learning berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V yaitu sebesar 1 dengan kriteria tinggi; (3) Pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi siklus air mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan rata-rata sebesar 0,594 dengan kriteria sedang.