META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kemampuan Membaca Puisi, Meta-AnalisisAbstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca puisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal dengan topik yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi dengan model pembelajaran yang efektif. Dalam penelitian ini meta analisis digunakan untuk mengelompokkan objek penelitian terpilih yang hasilnya berupa model pembelajaran yang sesuai untuk kemampuan membaca puisi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi. Adapun hasil penelitian model pembelajaran bahasa Indonesia dalam membaca puisi bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran dengan presentasi 60%, model pembelajaran SAVI dan TTW efektif digunakan untuk jenjang kelas tinggi maupun rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan persentase 60% dan teknik pengumpulan data bentuk observasi dengan persentase 50%.