PERANAN POJOK BACA DALAM MENMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Satriawati Universitas Megarezky
  • Syamsul Alam Universitas Megarezky
  • Fransiska Falentina Asa Universitas Megarezky

Kata Kunci:

Peranan Pojok Baca, Minat Membaca Siswa, Sekolah Dasar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan Kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah guru wali kelas 1,2,3,4,5, dan 6 sekolah dasar Negeri 17 Ujung Labbu, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terlihat bahwa pojok baca memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan minat membaca siswa di sekolah dasar, hal ini terbukti dari terdapatnya beberapa peran pojok baca yang dapat menumbuhkan minat membaca siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pojok baca sangat membantu menumbuhkan minat membaca siswa di kelas, peran pojok baca dalam menumbuhan minat membaca siswa yaitu, sebagai fasilitator tempat membaca, sebagai bahan bacaan terdekat, tempat membaca yang nyaman dan tempat membaca yang menarik perhatian, sehingga dari beberapa peran tersebut membantu menumbuhkan minat membaca siswa di Sekolah Dasar.

The purpose of this study is to describe the role of the reading corner in fostering students' interest in reading in elementary school. This type of research is phenomenology with a qualitative approach. The informants of this study were the homeroom teacher 1,2,3,4,5, and 6 primary schoolsNegeri 17 Ujung Labbu, the data collection instrument used observation sheets, interviews and documentation. The results of this study are seen that the reading corner has a very important role in fostering students' interest in reading in elementary school, this is evident from the presence of several reading corner roles that can foster interest in reading students in elementary school. This study can be concluded that the reading corner is very helpful in fostering students 'interest in reading in the classroom, the role of the reading corner in growing students' interest in reading is, as a facilitator where to read, as the closest reading material, a comfortable reading place and an interesting reading place, so that of some the role helps foster students' interest in reading in elementary school.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29