ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS 12

Penulis

  • Aqmi Shafarida Sinambela Universitas Asahan
  • Syahriani Sirait Universitas Asahan
  • Nilawati Wardhani SMA Negeri 1 Kisaran

Kata Kunci:

Analisis Kesulitan, Pemahaman Konsep, Statistika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemahman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penenlitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumah kuota yang diinginkan sebanyak 20 siswa pada kelas XII. Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian sebanyak 4 butir soal yang keseluruhan mencakup indikator kesulitan pemahaman konsep matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir alogaritma. Dari hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata dari 20 siswa sebesar 38,75% dengan minimum sebesar 0 da nilai maksimum sebesar 100. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu pada kategori sangat baik dengan persentase 10%, lategori baik dengan persentase 15%, kategori cukup dengan persentase 15%, kategori rendah dengan persentase 25%, dan pada kategori sangat rendah dengan persentase 35%. Dapat disimpulkan bahwa siiswa mengalamikesulitan pemahman konsep sebesar 60. Pada siswa dengan kategori sangat baik sudah memnuhi semua indikator, siswa pada indikator baik sudah mampu memenuhi semua indikator, peserta didik pada indikator baik sudah mampu memenuhi semua indikator namun kurang sempurna pada dekomposisi, pada siswa dengan kategori cukup juga tidak mampu memnuhi pada indikator dekomposiis, pada siswa dengan kategori rendah siswa tidak memnuhi semua indikatorbaik itu indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berfikir logaritma, sedangkan siswa pada kategori sangat rendah siswa tidak bisa atau mampu memnuhi semua indikator yang ada. Saran bagipeneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan konsep siswa pada pembelajaran statistika dengan kategori rendah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29