PERMASALAHAN ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENANGGULANGINYA
Kata Kunci:
Solusi, ABK, TunarunguAbstrak
Artikel ini membahas tentang permasalahan anak tunarungu dan solusi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan khususnya. Anak tunarungu mempunyai kesulitan pendengaran ringan sampai berat dan digolongkan menjadi pendengaran dan tuli. Penyandang tunarungu adalah orang yang kehilangan kemampuan mendengar sehingga mengalami kesulitan dalam memproses informasi linguistik melalui pendengaran, baik ia menggunakan alat bantu dengar atau tidak, jika batas pendengarannya cukup untuk berhasil memproses informasi linguistik melalui pendengaran. Artikel ini dalam format kualitatif tentang anak-anak tunarungu dan kemungkinan solusi untuk mengatasi kebutuhan khusus. Solusi yang mungkin dilakukan adalah: melalui media pembelajaran, menampilkan foto, video, kartu kata, kartu frase, anatomi telinga, benda miniatur, huruf jari, model telinga, setengah badan, puzzle buah, puzzle binatang, puzzle konstruksi, silinder, model geometri, menara segitiga, menara gelang, menara segi empat, atlas, bola dunia, peta dinding, miniatur rumah adat. Anak tunarungu memerlukan media pembelajaran berupa alat peraga untuk memperkaya kosa kata bahasanya. Asesoris tersebut antara lain miniatur binatang, miniatur manusia, gambar yang relevan, buku perpustakaan bergambar, dan perlengkapan bermain anak.
This article describes the problems faced by children with hearing loss and solutions to meet their special needs. Hearing-impaired children have mild to severe hearing loss and are classified as deaf and hard of hearing. A hearing-impaired person is defined as someone whose hearing impairment is sufficient to normally hear verbal information through the listening process, regardless of whether they wear hearing aids, or whose hearing is such that it is difficult for them to process verbal information by hearing. It is a person who has lost. This qualitative article is about hearing-impaired children and possible solutions to accommodate their special needs. Possible solutions are: by Learning Media, Pictures, Video Display, Word Cards, Phrase Cards, Ear Anatomy, Miniature Objects, Finger Letters, Ear Model, Half Body, Fruit Puzzle, Animal Puzzle, construction puzzle, cylinder, geometric model, triangular tower, bracelet tower, rectangular tower, atlas, globe, wall map, traditional miniature house. Children with hearing loss need learning media in the form of educational materials to enrich their language vocabulary. These accessories include animal miniatures, human miniatures, related images, library picture books, and children's play equipment.