PENGARUH METODE PENUGASAN DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA BIDANG STUDY EKONOMI DI KELAS X IPS DI MAN TAPANULI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Kata Kunci:
Penugasan, Mind Mapping, Hasil BelajarAbstrak
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Metode Penugasan Dengan Model Mind Mapping Tehadap Hasil Belajar Pada Bidang Study Ekonomi Dikelas X IPS Di MAN Tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 2022-2023.?Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Penugasan Dengan Model Mind Mapping Tehadap Hasil Belajar Pada Bidang Study Ekonomi Dikelas X IPS Di MAN Tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 2022-2023.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara kuantitatif, yaitu penelitian yang didasarkan pada pengumpulan dan analisis data berbentuk angka (numerik) untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol fenomena yang diminati.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan melalui rumus korelasi product moment ganda diperoleh nilai rhitung = 0,986 dengan melihat daftar rtabel dengan jumlah sampel 40 kemudian digunakan taraf kesalahan 5% adalah 0,312. Sesuai dengan ketentuan jika rhitung lebih besar (>) dari rtabel dengan kata lain (0,986 > 0,312) maka hipotesis alternatif Ha dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode penugasan dengan model ming mapping berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di MAN Tapanuli Selatan tahun pelajaran 2022-2023.
The formulation of the problem in this study is "Is there an effect of the Assignment Method Using the Mind Mapping Model on Learning Outcomes in the Economic Study Field in Class X IPS at MAN Tapanuli Selatan for the 2022-2023 Academic Year?" The Mind Mapping Model of Learning Outcomes in the Economics Study Field in Class X IPS at MAN Tapanuli Selatan for the 2022-2023 Academic Year. In this study the authors used a quantitative research method, namely research based on the collection and analysis of data in the form of numbers (numeric) to explain, predict, and control the phenomena of interest. Based on the results of research conducted by the author through the double product moment correlation formula, the value of tcount = 0,986 is obtained by looking at the list of ttables with a sample size of 40 and then using an error level of 5% is 0.312. In accordance with the provisions if tcount is greater (>) than ttable in other words (0,986 > 0.312) then the alternative hypothesis Ha can be accepted. This shows that the assignment method with the ming mapping model has an effect on student learning outcomes at MAN Tapanuli Selatan in lessons 2022-2023.