MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI LOOSE PART PADA ANAK USIA DINI DI TK KETILANG
Kata Kunci:
Kreativitas, Media Loose Part, Anak Usia DiniAbstrak
Dalam proses belajar, media loose part diperlukan guna menaikkan tingkat kreativitas seorang anak. Adapun penelitian berikut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak di kelompok B3 TK Ketilang dengan menggunakan media loose part. Penggunaan penelitian tindakan kelas pada penelitian ini dilakukan melalui penggunaan model Kemmis dan McTaggart. Studi ini melibatkan 16 siswa dari kelompok B3, 11 laki-laki dan 5 perempuan. Adapun wawancara, termasuk dokumentasi dan observasinya merupakan metode pengumpulan data. Menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dalam analisis data yang didapatkan. Hasil penelitian memberikan penjelasan bahwa pada siklus I, sepuluh siswa dikategorikan baik dengan persentase 62,5%, empat siswa dikategorikan cukup baik dengan persentase 31,25%, enam siswa dikategorikan kurang baik dengan persentase 43,75%, dan satu siswa dikategorikan belum baik dengan persentase 0%.
In the learning process, loose media parts are needed to enhance the creativity of young children. This study is in order to improving children's creativity in group B3 TK Ketilang by using loose part media. This study used classroom action research through the use of the Kemmis and McTaggart model. The study involved 16 students from group B3, 11 boys and 5 girls. Interview, observation, and documentation were the data collection methods. Using quantitative and qualitative methods in data analysis. The results showed that in cycle I, ten students were qualified as good with 62.5% percentage, four students of 31.25% were qualified as quite good, then six students with a percentage of 43.75% were qualified as less good, other than one student with a percentage of 0% exactly no one was categorized as not good.