STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING TERHADAP CAPAIAN KOGNITIF SISWA DI ERA DIGITALISASI
Kata Kunci:
Blended, Learning, KognitifAbstrak
Pemilihan model pembelajaran adalah salah satu yang komponen penting yang dapat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran serta kualitas dan hasil belajar. Model pembelajaran blended learning diketahui dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang terkait dengan pembelajaran online dan pengajaran tatap muka. Metode studi literatur yang dipakai yakni metode Systematic Literature Review (SLR), metode ini berfokus untuk melakukan peninjauan sistematis pada analisis hasil penelitian terdahulu dengan menggunakan parameter pengaruh hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Temuan utama dari penerapan model blended learning menunjukkan efektifitas model blended learning yang digunakan mendapat hasil yang sangat baik dan tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari penyajian materi yang sistematis sesuai tingkat kesulitan materi, sumber yang lengkap, media dengan fitur yangmelengkapi kebutuhanpada proses pembelajaran, pemberian umpan balik (feedback) kepada peserta didik, penerapan blended learning yang dilakukan berulang –ulang serta persentase kebutuhan keseimbangan kolaborasi antara pembelajaran online dan tatap muka yang saling menguatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.