STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING TERHADAP CAPAIAN KOGNITIF SISWA DI ERA DIGITALISASI

Penulis

  • Firman Syah Putra Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Blended, Learning, Kognitif

Abstrak

Pemilihan  model  pembelajaran  adalah  salah  satu  yang  komponen penting yang  dapat  mempengaruhi efektivitas  proses  pembelajaran serta  kualitas  dan  hasil  belajar.  Model  pembelajaran blended  learning diketahui dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang terkait dengan pembelajaran online dan pengajaran tatap muka. Metode  studi literatur yang  dipakai  yakni  metode Systematic  Literature  Review (SLR),  metode  ini  berfokus untuk  melakukan peninjauan sistematis pada  analisis  hasil  penelitian  terdahulu dengan  menggunakan  parameter pengaruh hasil  belajar  siswa terhadap  penerapan  model  pembelajaran. Temuan  utama  dari  penerapan  model blended  learning menunjukkan  efektifitas  model blended  learning yang  digunakan mendapat  hasil  yang sangat  baik  dan  tepat dalam  meningkatkan hasil belajar. Banyak  faktor  yang  mempengaruhi  mulai  dari  penyajian  materi  yang  sistematis  sesuai tingkat  kesulitan  materi,  sumber  yang  lengkap,  media  dengan  fitur  yangmelengkapi  kebutuhanpada proses  pembelajaran,  pemberian  umpan  balik  (feedback)  kepada  peserta  didik,  penerapan blended learning yang  dilakukan  berulang –ulang  serta  persentase  kebutuhan  keseimbangan  kolaborasi  antara pembelajaran online dan tatap muka yang saling menguatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30