PENGARUH ANALISIS TRANSAKSIONAL TERHADAP SINDROM PETER PAN PADA SISWA SMA BERINISIAL C
Kata Kunci:
Analisis Transaksional, Sindrom Peter Pan, Remaja, Pola Komunikasi, Ego State, KonselingAbstrak
Sindrom Peter Pan merupakan kecenderungan individu untuk menghindari tanggung jawab kedewasaan dan mempertahankan perilaku kekanak-kanakan. Pada remaja sekolah menengah, sindrom ini dapat muncul melalui pola komunikasi, pengambilan keputusan, dan keterikatan emosional yang tidak matang. Penelitian ini menganalisis pengaruh Analisis Transaksional (AT) terhadap perubahan pola komunikasi dan dinamika ego pada siswa SMA berinisial C yang menunjukkan perilaku dan cara berbicara kekanak-kanakan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi AT, khususnya melalui identifikasi posisi ego (Parent–Adult–Child), mampu membantu subjek mengenali pola komunikasi Child yang dominan dan menggantinya secara bertahap dengan pola Adult. Penelitian ini menegaskan relevansi AT sebagai pendekatan konseling dalam menangani kecenderungan Peter Pan Syndrome pada remaja. (Smith & Lee, 2020).
Peter Pan Syndrome refers to an individual’s tendency to avoid adult responsibilities and maintain childlike behaviors. Among high school adolescents, this syndrome can manifest through immature communication patterns, decision-making, and emotional attachment. This study examines the influence of Transactional Analysis (TA) on changes in communication patterns and ego dynamics in a high school student, referred to as C, who exhibits childish behavior and speech characteristics. Using a qualitative case study approach, the research employed interviews, observations, and documentation techniques. The findings indicate that TA interventions—particularly through identifying ego states (Parent–Adult–Child)—helped the subject recognize the dominance of the Child ego state and gradually replace it with the Adult state. This study highlights the relevance of TA as a counseling approach for addressing tendencies related to Peter Pan Syndrome in adolescents (Smith & Lee, 2020).


