ASPEK- ASPEK DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI): HAKIKAT, FUNGSI TUJUAN, DAN RUANG LINGKUP PAI

Penulis

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fajri Ismail Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Andieni Aprilyne Laurensia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Giska Effryanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zisa Zabira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pauzan Azim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Hakikat, Fungsi Tujuan, Ruang Lingkup

Abstrak

Artikel ini membahas aspek-aspek dasar Pendidikan Agama Islam (PAI), termasuk hakikat, fungsi, tujuan, dan ruang lingkupnya dalam konteks pendidikan kontemporer. PAI berperan strategis dalam membentuk karakter, moral, dan identitas keagamaan peserta didik, melampaui sekadar transfer pengetahuan. Dengan adanya tantangan modern, pendidikan harus mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan isu-isu sosial, etika, dan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis literatur terkait PAI. Hasil studi menunjukkan bahwa ruang lingkup PAI perlu diperluas untuk mencakup literasi digital dan etika berinteraksi di media sosial, serta pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi. Dengan menerapkan pendekatan seperti Contextual Teaching and Learning (CTL), diharapkan PAI dapat relevan dan efektif dalam membentuk generasi yang tidak hanya paham agama, tetapi juga mampu berkontribusi secara positif dalam masyarakat.          

This article discusses the fundamental aspects of Islamic Religious Education (PAI), including its nature, function, objectives, and scope within the context of contemporary education. PAI plays a strategic role in shaping the character, morals, and religious identity of students, going beyond mere knowledge transfer. Given modern challenges, education must be able to integrate Islamic values with social, ethical, and technological issues. This research employs a qualitative approach with descriptive methods to analyze literature related to PAI. The study results indicate that the scope of PAI needs to be expanded to include digital literacy and ethics in social media interaction, as well as the importance of enhancing teacher competence in utilizing technology. By implementing approaches such as Contextual Teaching and Learning (CTL), it is expected that PAI can be relevant and effective in shaping a generation that not only understands religion but is also able to contribute positively to society.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30