INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT), ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), DAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kata Kunci:
ICT, Artificial Intelligence, Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Digital, Literasi Teknologi, Nilai-nilai IslamAbstrak
Dunia pendidikan telah sangat berubah karena kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan kecerdasan buatan (AI). Dalam pendidikan agama Islam (PAI), guru harus berubah untuk menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, efektif, dan relevan bagi generasi digital sambil tetap menanamkan nilai-nilai agama dan membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan ICT, AI, dan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) dalam pendidikan Islam agar guru dapat memaksimalkan potensi ketiganya sambil mempertahankan nilai-nilai spiritual yang mendasari pendidikan Islam. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bersumber dari analisis dokumen dan literatur.. Pemanfaatan ICT meningkatkan kesempatan belajar yang lebih luas, inklusif, dan fleksibel, dan membantu dalam pengembangan kemampuan untuk abad ke-21. Selain itu, AI membantu dalam pembuatan bahan ajar digital yang kontekstual dan penilaian yang lebih cepat. Model PBL menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari melalui perancangan dan penyelesaian proyek nyata. Model ini tidak hanya mengajarkan pengetahuan kognitif, tetapi juga mengajarkan sikap tanggung jawab, kerja sama, dan akhlak mulia. Integrasi antara ICT, AI, dan PBL dapat membantu guru PAI membimbing siswa di tengah arus digitalisasi. Ketiga komponen ini bekerja sama untuk membuat suasana belajar yang menarik, bermakna, dan sesuai dengan peserta didik modern. Pelajaran PAI harus didasarkan pada nilai-nilai moral dan spiritual Islam. Pengawasan etis, kesiapan fasilitas, dan instruksi guru agar teknologi tidak disalahgunakan diperlukan untuk keberhasilan integrasi ini.


