PENGARUH KEGIATAN PRA MENULIS MENGGUNAKAN PASIR KINETIK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD CIKAL
Kata Kunci:
Pra Menulis, Pasir Kinetik, Motorik HalusAbstrak
Pra-menulis adalah tahap krusial dalam mempersiapkan anak usia dini untuk menulis. Pentingnya stimulasi motorik halus sejak dini sebagai fondasi kesiapan menulis dan aktivitas sehari-hari menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu media yang efektif untuk meningkatkan motorik halus adalah pasir kinetik. Bermain dengan pasir kinetik menyenangkan bagi anak karena menarik dan relatif baru, serta dapat melatih koordinasi tangan dan jari sehingga menjadi lebih lentur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegiatan pra-menulis menggunakan pasir kinetik terhadap peningkatan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Cikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pra-menulis menggunakan pasir kinetik berpengaruh signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media pasir kinetik efektif meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak di kelas A PAUD Cikal, sekaligus mendorong anak untuk merasa senang dalam proses pembelajaran menulis.
Pre-writing is a crucial phase in preparing young children for formal writing. Early stimulation of fine motor skills is essential, as it forms the foundational building blocks for writing readiness and everyday activities. Kinetic sand emerges as an effective medium for enhancing these skills. Playing with kinetic sand is enjoyable for children due to its engaging and novel nature, and it actively trains hand and finger coordination, making them more flexible. This study aimed to investigate the impact of pre-writing activities using kinetic sand on the fine motor development of 4-5 year old children at PAUD Cikal. A quantitative research approach was employed, with primary data collected through observation, interviews, and documentation. The research findings indicate that pre-writing activities using kinetic sand significantly influenced children's fine motor development. Therefore, it can be concluded that kinetic sand is an effective medium for enhancing the early writing abilities of children in Class A at PAUD Cikal. Furthermore, its use makes the writing learning process more enjoyable for them.


