PENERAPAN STRATEGI PQRST UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK SMKN 3 KOTA TASIKMALAYA
Kata Kunci:
Membaca, PQRST, PenelitianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi menggunakan metode PQRST (preview, question, read, summarize, test) di kelas XII-TKR 2 SMK Negeri 2 TASIKMALAYA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Banyak peserta didik hanya membaca secara sekilas tanpa benar benar memahami makna serta pesan yang terdapat dalam teks. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan 14 siswa sebagai subjek yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi pada saat pembelajaran membaca teks deskripsi berjudul “ Sejarah Letusan Gunung Galunggung”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca PQRST mampu meningkatkan pemahaman membaca peserta didik kelas XII TKR 2 SMK Negeri 2 TASIKMALAYA. Hal ini terlihat dari jumlah jawaban benar yang dominan pada hasil tes, yang sebagian besar siswa memperoleh nilai dalam kategori baik hingga sangat baik. Penerapan strategi PQRST ini membuat kegiatan membaca menjadi terarah karena peserta didik melalui tahapan pratinjau, penyusunan pertanyaan, membaca, meringkas, dan menguji kembali pemahaman. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi PQRST efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman di tingkat SMK, terutama ketika dipadukan dengan media pembelajaran yang menarik dan pengelolaan kelas yang kreatif.
This study aims to improve reading comprehension skills of descriptive texts using the PQRST method (preview, question, read, summarize, test) in class XII-TKR 2 SMK Negeri 2 TASIKMALAYA. This study is motivated by the low reading comprehension skills of students. Many students only read briefly without really understanding the meaning and message contained in the text. The research method used is qualitative with 14 students as subjects determined according to research needs. Data collection was obtained through observation and documentation during learning to read descriptive texts entitled "History of the Galunggung Mountain Eruption". The results of the study indicate that the PQRST reading strategy is able to improve the reading comprehension of class XII TKR 2 students. This can be seen from the dominant number of correct answers in the test results, where most students obtained scores in the good to very good category. The application of this PQRST strategy makes reading activities more focused because students go through the stages of previewing, compiling questions, reading, summarizing, and re-testing understanding. Overall, this study concludes that the PQRST strategy is effective in teaching reading comprehension at the vocational high school level, especially when combined with engaging learning media and creative classroom management.


