PENGARUH LATIHAN PADUAN SUARA TERHADAP DISIPLIN DAN KEKOMPAKAN SISWA DI SMP NEGERI 5 KUPANG

Penulis

  • Petra Juitha Nenobesi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Katharina Kojaing Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Kata Kunci:

Paduan Suara, Kedisiplinan, Kekompakan, Pendidikan Karakter, Sekolah Menengah

Abstrak

Pendidikan di tingkat sekolah menengah pertama memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, kedisiplinan, dan potensi kreatif siswa. Salah satu bentuk pengembangan karakter yang efektif adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendampingan paduan suara terhadap peningkatan kedisiplinan dan kekompakan siswa di SMP Negeri 5 Kupang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian mengkaji proses pendampingan, metode latihan, serta perubahan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan paduan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan secara terstruktur, terjadwal, dan konsisten mampu meningkatkan kedisiplinan siswa terutama dalam aspek ketepatan waktu, komitmen terhadap aturan kelompok, dan tanggung jawab individu terhadap peran masing-masing dalam kelompok. Selain peningkatan kedisiplinan, kegiatan paduan suara juga memperkuat kekompakan, rasa kebersamaan, serta kepercayaan diri siswa. Faktor pendukung utama keberhasilan kegiatan ini meliputi motivasi siswa, dukungan guru pembina, serta penggunaan lagu daerah seperti nina noi yang memperkaya nilai budaya sekaligus menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas lokal. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa paduan suara bukan hanya kegiatan seni, tetapi juga media pembinaan karakter yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran seni musik disarankan untuk diperkuat sebagai bagian integral dalam pembinaan karakter di sekolah.

Education at the junior high school level plays a strategic role in shaping students' character, discipline, and creative potential. One effective form of character development is through extracurricular choir activities. This study aims to describe the effect of choir mentoring on improving discipline and cohesiveness among students at SMP Negeri 5 Kupang. Using a qualitative descriptive approach, the study examined the mentoring process, practice methods, and changes in student behavior during choir activities. The results indicate that structured, scheduled, and consistent practice can improve student discipline, particularly in aspects of punctuality, commitment to group rules, and individual responsibility for their respective roles within the group. In addition to improving discipline, choir activities also strengthen student cohesiveness, a sense of togetherness, and self-confidence. Key contributing factors to the success of these activities include student motivation, support from the supervising teacher, and the use of regional songs such as nina noi, which enrich cultural values and foster pride in local identity. The implications of this research indicate that choir is not only an artistic activity, but also an effective and relevant character development medium for modern education. Therefore, it is recommended that learning music activities be strengthened as an integral part of character development in schools.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30