PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI SARANA UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN TENTANG NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 3 KUPANG
Kata Kunci:
Seni Tari, Nilai-Nilai Budaya, Pembelajaran, Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran seni tari dapat menjadi sarana untuk menambah pengetahuan peserta didik mengenai nilai-nilai budaya, khususnya bagi siswa kelas X SMAN 3 Kupang. Seni tari bukan hanya ekspresi estetika, tetapi juga media pewarisan nilai budaya seperti kerja sama, disiplin, toleransi, serta identitas sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai budaya yang terkandung dalam gerak, musik, dan simbol tari tradisional. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, minat terhadap seni daerah, kemampuan refleksi makna tari, serta sikap menghargai budaya. Dengan demikian, pembelajaran seni tari dapat dijadikan alternatif pembelajaran berbasis karakter untuk memperkuat pemahaman budaya pada peserta didik.
This study aims to describe how dance learning can serve as a medium to improve students’ understanding of cultural values, particularly among tenth-grade students at SMAN 3 Kupang. Dance is not only an artistic expression but also a medium for transmitting cultural wisdom such as cooperation, discipline, tolerance, and social identity. This research applied a qualitative approach using Classroom Action Research (CAR) conducted through two learning cycles. The findings indicate that dance learning effectively improves cultural understanding as students demonstrated increased motivation, awareness, and appreciation toward traditional dance forms. Students also showed the ability to interpret symbolic meanings within traditional dance movements. Therefore, dance learning is recommended as a character–based learning model to strengthen cultural identity in education.


