MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MENGGAMBAR ALAM BENDA MELALUI PEMBELAJARAN MANDIRI DIKELAS VII SMPK St. MARIA ASSUMPTA KUPANG
Kata Kunci:
Menggambar Alam Benda, Pembelajaran Mandiri, Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Seni Rupa, Siswa SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menggambar alam benda pada siswa kelas VII SMPK St. Maria Assumpta Kupang melalui penerapan model pembelajaran mandiri. Pembelajaran mandiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan menggambar secara aktif tanpa ketergantungan penuh pada instruksi guru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mandiri efektif dalam meningkatkan keterampilan menggambar alam benda. Hal ini tercermin dari peningkatan kualitas gambar, penggunaan teknik proporsi dan pencahayaan yang lebih baik, serta meningkatnya rasa percaya diri siswa dalam berkarya. Dengan demikian, pembelajaran mandiri terbukti menjadi alternatif strategi pembelajaran seni rupa yang mampu meningkatkan kemampuan teknis dan afektif siswa dalam menggambar.
This research aims to improve still life drawing skills among seventh-grade students of SMPK St. Maria Assumpta Kupang through the implementation of independent learning. Independent learning enables students to actively develop their artistic abilities without relying entirely on teacher instructions. This study employed Classroom Action Research (CAR), consisting of two cycles, each including planning, implementation, observation, and reflection phases. The findings indicate that independent learning was effective in enhancing students' still life drawing skills, as evidenced by improved drawing quality, better use of proportion and lighting techniques, and increased confidence in artistic expression. Therefore, independent learning can serve as an alternative teaching strategy that supports students' technical abilities and motivation in art education.


