ANALISIS LITERATUR TENTANG POLA KARIR MAHASISWA MELALUI COMBINATION THEORY DAN GENOGRAM: A LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Alfan Rizqi Kurniawan UIN suska Riau
  • Suci Okta UIN Suska Riau
  • Nindy Rahma Pangesti UIN Suska Riau
  • Muthia Maharani UIN Suska Riau
  • Aisyah Hasanah Putri Uin Suska Riau
  • Mhd Subhan UIN Suska Riau

Kata Kunci:

Combination Theory, Genogram, Karir Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola karir mahasiswa melalui pendekatan Combination Theory dan genogram sebagai upaya memahami faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perencanaan karir. Dengan menggunakan metode library research, data dikumpulkan dari berbagai literatur terkait teori perkembangan karir dan penerapan genogram dalam konteks bimbingan karir. Hasil kajian menunjukkan bahwa pola karir mahasiswa terbentuk melalui interaksi antara aspek internal seperti minat, kepribadian, nilai, dan self-efficacy serta aspek eksternal, termasuk dukungan keluarga, lingkungan sosial, dan kondisi ekonomi. Combination Theory memberikan pemahaman menyeluruh terhadap proses pengambilan keputusan karir dari sisi psikologis dan perkembangan individu, sementara genogram menampilkan pengaruh keluarga lintas generasi terhadap orientasi dan pilihan karir. Integrasi kedua pendekatan ini menghasilkan kerangka bimbingan karir yang holistik, kontekstual, dan personal, yang dapat membantu mahasiswa merancang keputusan karir secara matang dan realistis.

This study aims to analyze student career patterns through the Combination Theory and genogram approaches in an effort to understand the internal and external factors that influence career planning. Using the library research method, data was collected from various literature related to career development theory and the application of genograms in the context of career guidance. The results show that student career patterns are formed through interactions between internal aspects such as interests, personality, values, and self-efficacy, and external aspects, including family support, social environment, and economic conditions. Combination Theory provides a comprehensive understanding of the career decision-making process from a psychological and individual development perspective, while genograms show the influence of cross-generational families on career orientation and choices. The integration of these two approaches produces a holistic, contextual, and personalized career guidance framework that can help students make mature and realistic career decisions.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30