PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA PESERTA DIDIK SMAK SANTO FRANSISKUS ASISI LARANTUKA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Charolus Boromeus Kena Angi Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka
  • Brigita Elisabet KR. Uran Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka
  • Reinaldis Masi Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Pembelajaran Wirausaha, Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik di SMAK Santo Fransiskus Asisi Larantuka tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII yang berjumlah 63 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif untuk menganalisis hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 10,413 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,2058. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik pembelajaran kewirausahaan yang diberikan, maka semakin tinggi minat peserta didik untuk berwirausaha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kewirausahaan di SMA…., , memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat berwirausaha peserta didik di sekolah tersebut.

This study aims to determine the effect of entrepreneurship learning on students' entrepreneurial interest at SMAK Santo Fransiskus Asisi Larantuka in the 2024/2025 academic year. The sample of this study was 63 students in grades XI and XII. This study used a quantitative approach with an associative method to analyze the relationship between the independent and dependent variables. Data collection was carried out through questionnaires, and the data were analyzed using simple linear regression analysis. The results showed that entrepreneurship learning had a positive and significant influence on students' entrepreneurial interest. This is evidenced by the t-value of 10.413 which is greater than the t-table of 2.2058. This finding indicates that the better the entrepreneurship learning provided, the higher the students' interest in entrepreneurship. Thus, it can be concluded that entrepreneurship learning at SMA has a positive contribution to increasing students' entrepreneurial interest at the school.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30