STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TITEHENA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Lusia Sindriani Deornay Institusi Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Reinaldis Masi Institusi Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Brigita Elisabet KR. Uran Institusi Keguruan dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Strategi Guru, Disiplin Belajar

Abstrak

This study aims to determine student learning discipline and the strategies used by economics teachers to improve it in the 10th grade students' economics class at SMA Negeri 1 Titehena in the 2024/2025 academic year. To achieve the aforementioned research objectives, the researcher employed a qualitative approach using descriptive qualitative research. The research location was at SMA Negeri 1 Titehena, and the study took place from May 19 to May 31, 2025. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The subjects were three economics teachers at SMA Negeri 1 Titehena. The results of the study revealed that the discipline of 10th grade students at SMA Negeri 1 Titehena was quite good, as evidenced by their attendance. Therefore, the economics teachers consistently employ effective learning strategies to create a conducive learning environment. A comfortable learning environment will influence students' enthusiasm for learning and encourage them to attend school more actively.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa dan bagaimana strategi guru ekonomi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Titehena tahun pelajaran 2024/2025. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 1 Titehena, penelitian terjadi pada tanggal 19 Mei-31 Mei 2025. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan data dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri 1 Titehena yang berjumlah 3 orang. Dari hasil penelitian yang di temukan bahwa kedisiplinan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Titehena dilihat dari kehadiran peserta didik cukup baik, sehingga guru ekonomi senantiasa memiliki strategi dalam pembelajaran yang baik untuk menciptakan suasana yang kondusif selama proses pembelajaran. Suasana belajar yang nyaman akan mempengaruhi semangat belajar peserta didik dan membuat peserta didik lebih giat ke sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30