PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAS PGRI GELEKAT LEWO BORU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Maria Vebriani Laju Sogen Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Reinaldi Masi Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Margiana D.M.M. Marah Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

This study aims to determine the influance of learning interest and learning disciplin on the learning outcomes of class X students in the subject of economics at SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru in the academic year of 2024/2025. The popilation in this study were class X students in the academic year of 2024/2025, totaling 60 people who were then taken as samples. Based on the reslts of the study, it was concluded that learning interst had a positive and significant effect on student learning outcomes. This was indicated by the value of theag being greater than the temel or 4.173 > 1.671 with a probability value of 0.000 < 0.05. While learning discipline had an effect on student learning outcomes accoding tho the results of the test carried out, which wa obtained as tung being greater than the table or 3.444 > 1.671 with a probability value rate of 0.000 < 0.05. Thus learning interes and discipline are very necessary for learning outcomes so that they have ad increase in learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Eknomi Di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 60 orang yang kemudian diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 4.173 > 1.671. Dengan nilai probabilitas adalah 0.000 < 0.05, sedangkan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sesuai hasil pengujian yang dilakukan di peroleh thitung lebih besar dari ttabel atau 3.444 > 1.671 dengan tarif  5% nilai probabilitas 0.000 < 0.05. Dengan demikian sangat diperlukan minat belajar dan disiplin terhadap hasil belajar sehingga mempunyai peningkatan dalam pembelajara.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30