PENGARUH DISIPLIN BELAJAR BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LEWOLEMA TAHUN 2024/2025

Penulis

  • Robertus Sira Liwun Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Maria Fatima Bongi Beribe Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

This  study  aims  to  determine  the  Effect  of  Learning  Discipline  on  Student  Learning  Outcomes  in  the  Economics  Subject  of  Class  X  at  SMA  Negeri  1  Lewolema  in  the  2024/2025  Academic  Year.  The  population  in  this  study  were  class  x  students  in  the  2024/2025.  Sampling  in  this  study  used  random  sampling  with  a  total  of  67  respondents.  Data  collection  techniques  used  questionnaires,  observation  and  documentation.  The  data  analysis  technique  was  simple  linear  regression  analysis  with  a  significance  level  of  5%.  The  results  of  the  study  indicate  that  there  is  a  partial  influence  of  learning  discipline  on  student  learning  outcomes  is  ????  ℎ????????????????????  learning  discipline >  ???? ???????????????????? = 12.652 > 1.669 with  a  significant  value  (0.000  <  0.005).  Therefore   ℎ???????????????????? >   ????????????????.  Therefore,  learning  discipline  has  a  positive  and  significant  effect  on  learning  outcomes. 

Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  Pengaruh  Disiplin  Belajar  Terhadap  Hasil  Belajar  Siswa  pada  Mata  Pelajaran  Ekonomi  Kelas  X  di  SMA  Negeri  1  Lewolema  Tahun  Pelajaran  2024/2025.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  x  2024/2025.  Pengambilan  sampel  dalam  penelitian  ini  menggunakan  random  sampling  dengan  jumlah  responden  sebanyak  67  orang.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  angket,  observasi  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  adalah  analisis  regresi  linear  sederhana  dengan  tingkat  signifikan  5%.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  adanya  pengaruh  secara  parsial  disiplin  belajar  terhadap  hasil  belajar  siswa  adalah  ????  ℎ????????????????????  disiplin  belajar  >  ????  ????????????????????  = 12,652  >  1.669  dengan  nilai  signifikan  (0.000  <  0.005).  Oleh  karena  itu  ????  ℎ????????????????????  >  ????  ????????????????????.  Oleh  karena  itu  disiplin  belajar  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  hasil  belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30