PENGARUH DISIPLIN BELAJAR BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LEWOLEMA TAHUN 2024/2025
Kata Kunci:
Disiplin Belajar, Hasil BelajarAbstrak
This study aims to determine the Effect of Learning Discipline on Student Learning Outcomes in the Economics Subject of Class X at SMA Negeri 1 Lewolema in the 2024/2025 Academic Year. The population in this study were class x students in the 2024/2025. Sampling in this study used random sampling with a total of 67 respondents. Data collection techniques used questionnaires, observation and documentation. The data analysis technique was simple linear regression analysis with a significance level of 5%. The results of the study indicate that there is a partial influence of learning discipline on student learning outcomes is ???? ℎ???????????????????? learning discipline > ???? ???????????????????? = 12.652 > 1.669 with a significant value (0.000 < 0.005). Therefore ℎ???????????????????? > ????????????????. Therefore, learning discipline has a positive and significant effect on learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Lewolema Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x 2024/2025. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 67 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear sederhana dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara parsial disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa adalah ???? ℎ???????????????????? disiplin belajar > ???? ???????????????????? = 12,652 > 1.669 dengan nilai signifikan (0.000 < 0.005). Oleh karena itu ???? ℎ???????????????????? > ???? ????????????????????. Oleh karena itu disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.