ANALISIS KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
Kata Kunci:
Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam, Implementasi KurikulumAbstrak
Studi ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap Kurikulum 2013 pendidikan agama Islam di Indonesia dengan pendekatan kajian perpustakaan. Melalui pengumpulan dan analisis berbagai sumber literatur, termasuk buku, laporan penelitian, dan dokumen resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penelitian ini mengeksplorasi berbagai aspek penting dari kurikulum, seperti tujuan, struktur, dan implementasinya.Hasil analisis menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa secara holistik, dengan penekanan pada aspek spiritual, sosial, dan intelektual.Secara umum, Kurikulum 2013 PAI bertujuan untuk membentuk karakter dan akhlak siswa, meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum, termasuk kurangnya pelatihan dan pemahaman guru terhadap kurikulum, keterbatasan sumber daya pendidikan, serta perbedaan interpretasi kurikulum di antara para pendidik. Melalui kajian ini, tentu dapat memberikan wawasan yang lebih mudah di pahami mengenai efektivitas Kurikulum 2013 dalam pendidikan agama Islam, serta rekomendasi bagi pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada upaya peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di Indonesia, yang pada gilirannya dapat membentuk generasi yang lebih baik dan berakhlak mulia.