PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA JAMBI
Kata Kunci:
Make A Match, Aktivitas BelajarAbstrak
Dalam proses pembelajaran, aktivitas peserta didik merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan Oleh guru sehingga proses pembelajaran yang ditempuh benar-benar memperoleh hasil yang optimal. Namun kenyataannya aktivitas belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Darussalam Kota Jambi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Jambi melalui penerapan metode Make A Match. Metode Make A Match dipilih karena dianggap efektif untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B yang Berjumlah 27 orang. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, sesuai dengan data aktivitas siswa pada setiap siklus, yang diperoleh di siklus I dari observer saat melaksanakan pertemuan pertama sebesar 53% sedangkan dipertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 61%. Di siklus II pertemuan pertama dengan peningkatan mencapai 86%, dan peningkatan terbesar berada di pertemuan kedua dengan persentase 96%. Menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match. Hal ini menunjukkan bahwa guru dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan model Make A Match.
In the learning process, student activity is a very important thing and needs to be considered by teachers so that the learning process carried out really gets optimal results. However, in fact, student learning activities at Madrasah Ibtidaiyyah Darussalam Jambi City are still low. This study aims to improve the learning activities of class IV B students at Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jambi City through the application of the Make A Match method. The Make A Match method was chosen because it is considered effective in increasing student participation and interaction in the learning process. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method with the Kurt Lewin design. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method with Kurt Lewin's design. The subjects of the study were all 27 students of class IV B. Based on the data that has been collected, it shows that student activity has increased, according to student activity data in each cycle, which was obtained in cycle I from the observer when carrying out the first meeting by 53% while in the second meeting there was an increase of 61%. In cycle II the first meeting with an increase reached 86%, and the largest increase was in the second meeting with a percentage of 96%. Showing that there is an increase in student activity in learning using the Make A Match model. This shows that teachers can overcome the problems faced by using the Make A Match model.