KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK GENERASI BERINTEGRITAS
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Integritas, Kejujuran, Tanggung JawabAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran pendidikan karakter dalam membentuk generasi yang berintegritas di tengah tantangan . Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penulis menggali praktik pendidikan karakter yang diimplementasikan di lingkungan sekolah. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur, dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, serta divalidasi melalui teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin merupakan fondasi utama dalam pembentukan integritas peserta didik. Implementasi pendidikan karakter yang efektif memerlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, pendidikan karakter terbukti berdampak signifikan terhadap perilaku siswa dalam kehidupan akademik maupun sosial. Namun, tantangan dalam pelaksanaannya masih ditemui, seperti keterbatasan waktu, kompetensi guru, dan lemahnya budaya karakter di beberapa sekolah. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diintegrasikan secara menyeluruh ke dalam kurikulum dan didukung oleh kebijakan serta budaya sekolah yang konsisten agar mampu mencetak generasi berkarakter unggul dan berintergritas tinggi.
This study aims to thoroughly examine the role of character education in shaping a generation of integrity amid contemporary challenges. Through a qualitative approach employing a case study method, the author explores character education practices implemented within the school environment. Data were collected from various literature sources, analyzed using the Miles and Huberman model, and validated through triangulation techniques and member checking. The results indicate that values such as honesty, responsibility, and discipline form the primary foundation for cultivating students’ integrity. Effective implementation of character education requires synergy among schools, families, and communities. Additionally, character education has been shown to significantly influence students’ behavior in both academic and social contexts. However, implementation challenges persist, including time constraints, teacher competence, and a weak culture of character in some schools. Therefore, character education must be thoroughly integrated into the curriculum and supported by consistent school policies and culture to successfully produce a generation that is both high-performing and possesses strong integrity.