PERAN PEMBELAJARAN IPS DALAM PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK
Kata Kunci:
Pembelajaran IPS, Perkembangan PsikososialAbstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di jenjang Sekolah Dasar tidak hanya berfokus pada pengetahuan kognitif saja, melainkan juga berperan penting dalam mengembangkan aspek afektif dan sosial siswa. Salah satu aspek krusial dalam perkembangan anak adalah perkembangan psikososial, yang mencakup kemampuan anak dalam membentuk identitas diri, kemampuan berinteraksi sosial, serta pemahaman terhadap norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pembelajaran IPS dalam mendukung perkembangan psikososial anak sekolah dasar melalui metode studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi dan metode pembelajaran IPS yang tepat dapat membantu anak mengenal peran sosial, menumbuhkan empati, membangun kerja sama, serta memupuk tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, pembelajaran IPS memainkan peran penting dalam membentuk pribadi anak yang tidak hanya unggul secara intelektual, tetapi juga berkembang secara sosial dan emosional.
Social Studies (IPS) learning at the Elementary School level does not only focus on cognitive knowledge, but also plays an important role in developing students' affective and social aspects. One crucial aspect in child development is psychosocial development, which includes children's ability to form self-identity, social interaction skills, and understanding of norms and values that apply in society. This article aims to examine the contribution of IPS learning in supporting the psychosocial development of elementary school children through the literature study method. The results of the study show that appropriate IPS learning materials and methods can help children recognize social roles, foster empathy, build cooperation, and foster social responsibility. Therefore, IPS learning plays an important role in shaping children's personalities who are not only intellectually superior, but also develop socially and emotionally.