PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (TPOT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMPN 1 BATUKLIANG UTARA
Kata Kunci:
The Power Of Two, Hasil Belajar, dan PPKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooparatif Tipe The Power Of Two (TPOT) Terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe Nonequivalent Control Grup Design). Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooparatif tipe the power of two (TPOT) dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui test pretest dan posttest sebanyak 50 soal pilihan ganda yang mengukur aspek kognitif. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooparatif tipe the power of two (TPOT) efektif dalam miningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PPKn dengan materi “Keberagaman di Indonesia”.
This study aims to analyze the effect of the use of the Power of Two (TPOT) Cooperative Learning Model on student learning outcomes in the Pancasila and Citizenship Education (PPKn) subject. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental design (Nonequivalent Control Group Design). The subjects of the study consisted of two classes, namely the experimental class using the power of two (TPOT) cooperative learning model and the control class using conventional learning, each consisting of 25 students. Data collection techniques were carried out through pretest and posttest tests of 50 multiple choice questions that measure cognitive aspects. Data analysis using paired sample t-test and independent sample t-test showed that there was a significant difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class with a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.001 <0.05. These findings indicate that the cooperative learning model of the power of two (TPOT) type is effective in improving student learning outcomes, especially in the PPKn subject with the material "Diversity in Indonesia".