INTEGRASI KECERDASAN IQ, EQ, SQ, DAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
IQ, EQ, SQ, Multiple Intelligence, Kepribadian, Pendidikan HolistikAbstrak
Artikel ini membahas pentingnya integrasi berbagai jenis kecerdasan yakni kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan teori kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) dalam membentuk kepribadian peserta didik secara utuh dan berimbang. Kajian ini dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) yang mengulas berbagai literatur psikologi dan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa masing-masing jenis kecerdasan memainkan peran yang saling melengkapi dalam pengembangan kognitif, emosional, sosial, dan spiritual individu. Integrasi keempat jenis kecerdasan ini penting diterapkan dalam proses pendidikan agar peserta didik tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepribadian yang tangguh, empatik, dan bermakna. Dengan demikian, pendekatan pendidikan yang holistik akan mendorong terbentuknya generasi yang cerdas secara intelektual, matang emosional, serta memiliki arah hidup spiritual yang kuat.
This article explores the importance of integrating various types of intelligence namely Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), and the theory of Multiple Intelligences in developing a well-rounded and balanced personality in students. This study employs a library research method, analyzing relevant literature in psychology and education. The findings reveal that each type of intelligence plays a complementary role in the cognitive, emotional, social, and spiritual growth of individuals. Integrating these four types of intelligence within the educational process is essential for fostering students who are not only academically competent but also emotionally resilient, empathetic, and spiritually grounded. A holistic educational approach is therefore crucial in shaping a generation that is intellectually sharp, emotionally mature, and spiritually aware.