PENGARUH STRATEGI ANTICIPATION GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN
Kata Kunci:
Anticipation Guide, Menulis, Teks Laporan Hasil ObservasiAbstrak
Anggreini Riana Br. Pasaribu. NIM 2201111014. Pengaruh Strategi Anticipation Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII SMP Neger 6 Percut Sei Tuan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/S-1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Anticipation Guide terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 173 siswa. Sampel penelitian digunakan secara acak, yaitu Kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan Kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan desain penelitian yang digunakan yaitu Two Group Post-Test Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran ekspositori dikelas Kontrol dengan nila rata-ratanya adalah 59,45 tergolong kategori “cukup” berdasarkan rentan nilai tetapi masih di bawah KKM (70) yang ditetapkan. 2) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Strategi Pembelajaran Anticipation Guide di Kelas Eksperimen dengan nila rata-ratanya 85,25 tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan nilai-nilai eksperimen nilai taraf signifikasi α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2= 24+20-2 = 42 diperoleh nilai t tabel = 2,018 Maka harga t hitung dan t tabel dibandingkan sehingga dapat diketahui thitung > ttabel (9,96 > 2,018). Dengan demikian maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran anticipation guide terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.