PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS GAME TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 11 MATARAM
Kata Kunci:
Think Pair Share, Game Truth Or Dare, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis game Truth or Dare terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 11 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,25, sedangkan kelas kontrol sebesar 77. Uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal, dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen. Oleh karena itu, digunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U-test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,397 (> 0,05), sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TPS berbasis game Truth or Dare belum menunjukkan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Namun demikian, model ini tetap memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
This study aims to determine the effect of using the Think Pair Share (TPS) learning model based on the Truth or Dare game on student learning outcomes in Civics class VII at SMP Negeri 11 Mataram. This study used a quantitative approach with a quasi experiment method and a Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques were carried out through tests in the form of pretests and posttests. Based on the results of data analysis, the average posttest value of the experimental class was 82.25, while the control class was 77. The normality test shows that the data is not normally distributed, and the homogeneity test shows that the data has a homogeneous variance. Therefore, the non-parametric Mann-Whitney U-test was used which resulted in a significance value of 0.397 (> 0.05), so it was concluded that there was no significant difference between the learning outcomes of the experimental and control classes. Thus, the application of the TPS learning model based on the Truth or Dare game has not shown a significant effect on improving student learning outcomes. However, this model still provides a fun learning experience and encourages active participation of students in the learning process.