STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MINAT LITERASI: BACA TULIS TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Literasi, Strategi Meningkatkan Literasi: Baca TulisAbstrak
Literasi baca tulis merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam kegiatan membaca dan menulis. Kemampuan literasi baca tulis ini harus dimiliki oleh siswa untuk mengetahui strategi apa yang harus dimiliki oleh seorang pengajar atau pembimbing dalam menangani rendah dan minimnya tingkat kemampuan literasi: baca tulis terhadap siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori strategi dalam meningkatkan kemampuan literasi : baca tulis, yang di mana pada kenyataannya banyak kasus yang begitu memprihatinkan yaitu rendahnya kemampuan literasi: baca tulis siswa di kalangan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.
Literacy is the ability possessed by students in reading and writing activities. This literacy ability must be possessed by students to know what strategies a teacher or tutor must have in dealing with low and minimal levels of literacy skills: reading and writing for students in elementary schools. This study uses a descriptive qualitative research method. This study uses a strategy theory in improving literacy skills: reading and writing, where in reality there are many cases that are so concerning, namely the low literacy skills: reading and writing of students in elementary schools to junior high schools.