PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMPN SATAP 3 GUNUNG BINTANG AWAI
Kata Kunci:
Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, PantunAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match pada siswa kelas VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. Objek penelitian ini model pembelajaran kooperatif make a match dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. Teknik pengumpulan data melalui tes. Hasil pada siklus I kemampuan menulis pantun siswa belum mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 66,67, nilai terendah 55, nilai tertinggi 85, dan standar deviasi 12.500. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 85,56, nilai terendah 80, nilai tertinggi 95, dan standar deviasi 5.270. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMPN Satap 3 Gunung Bintang Awai.
This study aims to improve the ability to write pantun by using make a match cooperative learning model in class VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. This research is a Classroom Action Research (CAR) which consists of 2 cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were 9 students of class VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. The object of this research is the cooperative learning model of make a match in improving the ability to write pantun in class VII SMP Satap 3 Gunung Bintang Awai. Data collection techniques through tests. The results in cycle I of students' pantun writing ability have not experienced a significant increase, namely the average value of 66.67, the lowest value of 55, the highest value of 85, and the standard deviation of 12,500. Furthermore, in cycle II there was a significant increase, namely the average value of 85.56, the lowest value of 80, the highest value of 95, and the standard deviation of 5,270. In conclusion, the application of cooperative learning model of make a match type can improve the ability to write pantun in class VII SMPN Satap 3 Gunung Bintang Awai.