STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP IT TAHFIDZUL QUR’AN AL UMM SMART CENTRE)

Penulis

  • Ramlan Padang Universitas Islam Sumatera Utara
  • Syarifuddin Elhayat Universitas Islam Sumatera Utara
  • Khofifah Anwar Universitas Islam Sumatera Utara

Kata Kunci:

Muhadharah, Percaya Diri Siswa

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan suatu yang harus dimiliki setiap manusia. Dengan adanya kepercayaan diri akan menjadikan manusia lebih berani mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu kehadiran kegiatan keagamaan yang diupayakan guru pendidikan agama Islam memang sangat penting. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri siswa yang ada di kelas VIII SMP IT Tahfidzul Qur’an Al UMM Smart Centre dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII Tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Tahfidzul Qur’an Al UMM Smart Centre pada bulan Mei 2025. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas VIII, sedangkan informan penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wali kelas, Guru PAI, wali murid dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa temuan dari bentuk-bentuk upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan keagamaan pada kelas VIII tahun pelajaran 2024/2025 melalui kegiatan Muhadharah. Proses peningkatan kepercayaan diri, strategi peningkatan kepercayaan diri dan faktor pembangun peningkatan kepercayaan diri. Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII dengan pembiasaan kegiatan keagamaan, pemberian motivasi dan Reward.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29